Wednesday, January 29, 2014

PENGERTIAN , SEJARAH HARDDISK



Top of Form

Bottom of Form

pengertian hard disk
Pengertian Hard Disk adalah suatu device atau komponen pada komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data (storage) dan juga termasuk dalam
salah satu memory eksternal dari sebuah komputer. Hard Disk sendiri terdiri dari berbagai komponen- komponen didalamnya dan akan dijelaskan sebagai berikut :





 komponen hard disk

         




KOMPONEN HARDDISK
1. Platter (piringan logam) fungsinya adalah sebagai tempat penyimpan data, jumlah iringan ini beragam mulai dari 1, 2, 3, atau lebih. Piringan ini diberi lapisan bahan magnetis yang sangat tipis (ketebalannya dalam orde persejuta inchi). Pada saat ini digunakan digunakan thin film seperti pada processor untuk membuat lapisan tersebut.

2. Head, berupa kumparan. Head pada hard disk proses baca dan tulis menggunakan head yang sama atau satu head di tiap sisi platter. Untuk hard disk dengan 2 platter dapat memiliki sampai 4 head, hard disk dengan 3 platter dapat memiliki 6 head.

3. PCB (Printed Circuit Board) atau rangkaian elektronik, terdiri dari ;
  • Rangkaian penguat untuk pembacaan (read preamplifier) yang diperlukan karena sinyal yang di peroleh head dari piringan sangat lemah.
  • DSP (Digital Signal Processor) untuk proses yang berhubungan dengan sinyal-sinyal digital, seperti konfersi sinyal listrik yang datang menjadi sinyal digital yang akan dituliskan kepiringan.
  • Chip Memory, digunakan sebagai cache buffer.
  • Konektor untuk melakukan komunikasi dengan CPU. Untuk hard disk IDE jumlahnya 40 pin.
  • Spindle dan actuator arm motor controller, untuk mengontrol putaran piringan dan peletakan head baca/tulis.
Motor dari hard disk berfungsi untuk memutar platter. Pada saat komputer di hidupkan motor ini mulai bekerja dan berbunyi suara yang khas, apabila suara hard disk ini tidak seperti biasa bisa diduga motor hard disk tidak bekerja dengan baik.






pengertian harddisk





SEJARAH DAN PENGEMBANGAN HARDDISK
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbRiCP0RC-GrbRnjEbjiM3VqQTqMpZs-l0LzUBEA2wyQ4GJ6LGNKck-sGgUcbGA-fNwtEysoMP18Eqj6rM1ioOp9XyzxoUWMzQykF0wekK04iT3jyzwub6vcr12yPZ4tM6NjE_Zg9InRw/s200/Buffalo-Portable-Hard-Disk.jpg
Hard Disk Drive atau sering disebut sebagai 'mengemudi sendiri' merupakan salah satu komponen


penting dalam komputer. Hard Disk Drive memiliki nama lain, yang umumnya disebut rekaman media yang berfungsi untuk menyimpan data (informasi). Banyak dari kita menggunakan hard drive, tetapi orang mungkin sangat sedikit yang tahu asal Hard Disk Drive. Oleh karena itu, di forum ini saya mencoba untuk membahas asal harddisk pertama.

Hard Disk Drive pertama kali dibuat dan diproduksi oleh perusahaan IBM pada tahun 1956 yang kemudian disebut sebagai HDD generasi pertama. HDD pertama kali ditemukan dan diciptakan oleh Reynold Johnson. HDD diberi label RAMAC 305 yang memiliki kapasitas 5 mega Bits atau lima juta bit dan 24 mengukur kepala tunggal INCH dan menggunakkan di akses



Pada tahun 1961, IBM menciptakan HDD dengan menggunakkan kepala terpisah di masing-masing komponen data. Juga disebut Disk Storage Unit Kontrol Sistem Meganical International Sistem. Dan HDD pertama yang removable (dapat dihapus atau dipasang lagi) adalah IBM 1311, IBM 1316 yang digunakan untuk menyimpan 2 juta karakter.


Pada tahun 1973, IBM memperkenalkan IBM 3340, yang pertama untuk menggunakan HDD merupakkan sistem disk "Whincester", yang pertama menggunakan perakitan kepala / disk disegel (HDA). Teknologi ini dirancang oleh Kenneth Haughton.


Sebelum tahun 1980-an, kebanyakkan HDD berurukuran 8 INCH atau 14 INCH, sehingga membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan HDD. Sampai tahun 1980, ketika Seagate ST-506 mengenalakan teknologi yang merupakan HDD berukuran 5,25 inci pertama dengan kapasitas 5 megabites.






Top of Form

Bottom of Form

No comments:

Post a Comment